*Magnify*
SPONSORED LINKS
Creative fun in
the palm of your hand.
Printed from https://www.writing.com/main/view_item/item_id/2232877-Mengatasi-Stres-Saat-dirumahaja
Printer Friendly Page Tell A Friend
No ratings.
Rated: E · Article · Inspirational · #2232877
Tujuh Cara Mengatasi Stress Saat #dirumahaja

Tujuh bulan sudah berlalu, pandemik Covid-19 belum juga berakhir. Keadaan yang tidak berangsur membaik, memaksa pemerintah memberlakukan PSBB Total.
Saat pembatasan mulai dilakukan, banyak aktifitas pokok yang terpaksa dihentikan atau dibatasi. Kegiatan yang biasa dilakukan di luar rumah untuk menghilangkan penat juga harus dihentikan dan dianjurkan untuk dilakukan #dirumahaja.
Bagi banyak orang, pandemik ini mungkin meningkatkan rasa stres, cemas dan ketakutan tentang adanya virus baru yang berdampak pada perekonomian, pendidikan, sosial dan masa depan yang tak terduga. Dampak tersebut sangat membebani dan menyebabkan emosi yang kuat pada seseorang. Banyak kebiasaan baru yang harus dilakukan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan karantina yang membuat orang merasa terisolasi dan kesepian serta dapat meningkatkan stres dan kecemasan.
Rasa penat dan bosan pasti sudah tidak tertahankan. Jika rasa bosan tidak segera disalurkan, akan menganggu kesehatan mental. Banyak cara untuk terlepas dari jeratan efek negative karena stress. Salah satunya adalah mencari kegiatan agar tetap produktif walaupun #dirumahaja. Berikut cara mengatasi stress selama #dirumahaja.

1. Mencoba Hal Baru
Manfaatkan waktu luang pada saat #DiRumahAja untuk melakukan sesuatu baru yang positif. Kalian bisa memulai project baru, olahraga, join organisasi dan lain sebagainya. Dengan melakukan sesuatu yang positif dan terasa produktif, rasa stress yang meningkat akan berkurang.

2. Melakukan Hobi
Sebelum adanya pandemik mungkin banyak hobi yang terhenti karena kesibukan yang kita miliki. Nah, ini adalah waktu yang tepat untuk kembali melakukan hobi-hobi yang kita miliki. Misalnya, memasak, bermain music, dan lain sebagainya.

3. Menyalurkan Hobi
Agar waktu yang kita miliki tidak terbuang sia-sia, mari kita salurkan hobi-hobi yang kita miliki. Misal, memasak. Kita bisa menjual hasil masakan kita ke orang terdekat dan mempromosikannya melalui social media. Jadi, walaupun #dirumahaja tetap bisa menghasilkan uang, ya!

4. Olahraga
Disela-sela kesibukan sebelum masa pandemik, olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat jarang kita lakukan. Sekarang adalah waktu yang pas untuk memulai kembali hidup yang sehat. Walaupun #dirumahaja Kesehatan jasmani harus tetap terjaga, ya!

5. Bercocok Tanam
Untuk sebagian orang, bercocok tanam adalah hal yang lumrah. Tapi, bagaimana dengan kita yang masih awam? Ini adalah hal baru yang harus dicoba. Selain menambah ilmu baru tentang pertanian, tanaman juga dapat mempercantik sudut-sudut yang ada di rumah kita, loh!

6. Bersosialisasi
Manusia adalah makhluk social yang tidak bisa hidup sendiri. Kalau terpaksa harus karantina, kesehatan mental akan terganggu. Kita bisa melakukan sosialisasi secara virtual dengan orang yang kita sayang melalui aplikasi videocall yang beragam. Jadi, tetap bisa kumpul dengan teman-teman, ya!

7. Mengikuti Web Seminar (Webinar)
Supaya tetap mendapatkan ilmu selama #dirumahaja, kita bisa loh ikutan webinar yang diadakan oleh beberapa institusi. Selain dapat ilmu, kita juga bisa menambah teman dan mendapatkan sertifikat elektronik. Jadi, walaupun #dirumahaja kita tetap bisa belajar secara online.

Tujuh point di atas bisa kalian coba untuk mengisi waktu selama #dirumahaja. Semoga pandemik ini segera berakhir dan kita bisa melakukan aktifitas tanpa batas.

© Copyright 2020 indiisnabila (indiisnabila at Writing.Com). All rights reserved.
Writing.Com, its affiliates and syndicates have been granted non-exclusive rights to display this work.
Printed from https://www.writing.com/main/view_item/item_id/2232877-Mengatasi-Stres-Saat-dirumahaja